Follow us:

Latar Belakang

Tenaga Kerja merupakan faktor pendukung perekonomian suatu Negara. Untuk memajukan perekonomian suatu Negara diperlukan tenaga kerja yang berkualitas. Sebagai modal pembangunan, tenaga kerja bisa mempercepat pemulihan ekonomi dan memperkuat landasan pembangunan berkelanjutan dan berkeadilan yang berdasarkan system ekonomi kerakyatan. Suksesnya proses pembangunan mempunyai korelasi yang positif dengan kualitas dan efektifitas sumber daya manusia (SDM). Berbagai kebijakan dan strategi telah ditempuh untuk mencapai tujuan pembangunan khususnya di bidang ekonomi, sesuai dengan kondisi dan sumber daya alam yang tersedia di Provinsi Bengkulu. Profil SDM merupakan suatu informasi masukan untuk mengevaluasi pembangunan ekonomi sebelumnya dan merencanakan tahapan pembangunan selanjutnya. Tersedianya informasi data Ketenagakerjaan yang cukup rinci dengan ruang lingkup yang cukup luas diupayakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu, yang diperoleh melalui data – data yang telah dihimpun oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu.Data tersebut merupakan bahan masukan yang sangat penting untuk perencanaan dan evaluasi program pengembangan SDM serta ketenagakerjaan. Pergerakan dan data sektor tenaga kerja dapat dipantau perkembangannya untuk dianalisa dan ditindak lanjuti oleh pengambil kebijakan.

 

Pembangunan Bidang Ketenagakerjaan diarahkan untuk mendorong terciptanya lapangan kerja formal yang luas serta meningkatkan kesejahteraan pekerja informal. Selain itu, diharapkan pula terciptanya pasar kerja fleksibel yang ditandai dengan; produktivitas pekerja yang tinggi, pengelolaan pelatihan tenaga kerja bagi program pelatihan strategis, kompetensi pekerja yang sesuai dengan dinamika kebutuhan industri dan persaingan global, hubungan industrial yang harmonis dengan perlindungan yang layak, keselamatan kerja yang memadai, serta terwujudnya proses penyelesaian perselisihan industrial yang memuaskan semua pihak. Sedangkan Pembangunan Bidang Ketransmigrasian diarahkan untuk mendukung penanggulangan kemiskinan, pembangunan perdesaan di wilayah tertinggal, wilayah perbatasan, wilayah strategis dan cepat tumbuh serta pengembangan ekonomi lokal dan daerah.

 

Terjadinya krisis ekonomi terutama dalam bidang ekonomi berdampak pada dunia usaha yang mengakibatkan timbulnya masalah ketenagakerjaan yang menjadi semakin kompleks. Kedua hal tersebut mempunyai kaitan yang sangat erat, karena kondisi ketenagakerjaan sangat dipengaruhi oleh pertumbuhan ekonomi. Apabila pertumbuhan ekonomi pada suatu daerah cukup tinggi, akan memperluas kesempatan kerja dan mengurangi jumlah penganggur, demikian pula membaiknya perlindungan tenaga kerja dapat meningkatkan produktivitas yang akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan dalam arti memperkecil jumlah penduduk miskin.

 

Dalam usaha untuk mengatasi masalah ketenagakerjaan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu telah mengambil langkah-langkah dalam bidang ketenagakerjaan dan ketransmigrasian sebagai fungsinya mendukung pertumbuhan ekonomi dengan berpedoman pada visi dan misi Gubernur yang tertuang dalam Rencana Strategis sebagai rencana umum jangka menengah.

Tekan Enter
Tekan Enter