Follow us :

Kinerja Pelayanan

Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu melaksanakan pelayanan ke masyarakat sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang tertuang dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Ketenagakerjaan. Standar Pelayanan Minimal ini meliputi:

No.

Pelayanan

Standar Pelayanan Minimal

 

Dasar

Indikator

Nilai

 

1.

Pelayanan

 

Besaran  tenaga  kerja  yang  mendapat  pelatihan  berbasis

 

 

Pelatihan Kerja

kompetensi

 

 

 

 

Besaran tenaga kerja yang mendapat pelatihan Kewirausahaan

 

 

       

2.

Pelayanan

Penempatan

Besaran pencari kerja yang terdaftar yang ditempatkan

 

 

Tenaga Kerja

 

 

3.

Pelayanan Penyelesaian

Besaran  kasus  yang  diselesaikan  dengan  Perjanjian

 

 

Perselisihan

Hubungan

Bersama (PB)

 

 

Industrial

 

 

 

4.

Pelayananan

Besaran  pekerja/buruh  yang  menjadi  peserta  program

 

 

Kepesertaan Jamsostek

Jamsostek aktif

 

5.

Pelayanan  Pengawasan

Besaran pemeriksaan perusahaan

 

 

Ketenagakerjaan

Besaran pengujian peralatan di perusahaan

 

 

Standar Pelayanan Minimal (SPM) diatas dilaksanakan melalui sejumlah kegiatan yang antara lain adalah sebagai berikut: 

1.         Pelaksanaan pelatihan keterampilan kerja meliputi jenis pelatihan kejuruan mobil bensin, menjahit, elektronika, komputer, las karbit, instalasi penerangan, meubel, peternakan, tata rias, 

2.         sepeda motor dan processing makanan untuk pencari kerja dan pelatihan peningkatan produktivitas untuk tenaga kerja. 

3.        Pelaksanaan penempatan pencari kerja lokal, ke luar negeri melalui pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) bekerja sama dengan PJTKI (Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia) dan pengiriman tenaga kerja magang ke Jepang bekerja sama dengan IMM Japan (International Manpower Development of Medium and Small Enterprises Japan) melalui Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI. 

4.         Pengawasan peraturan hukum ketenagakerjaan dan Jamsostek serta pemeriksaan kesehatan pekerja dan lingkungan kerja. 

5.         Mediasi dan penyelesaian perselisihan ketenagakerjaan. 

6.         Pembinaan masyarakat transmigran dan pengembangan sarana dan prasarana di UPT serta pembangunan Kota Terpadu Mandiri. 

Tekan Enter
Tekan Enter