Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu melaksanakan pelayanan ke masyarakat sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang tertuang dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Ketenagakerjaan. Standar Pelayanan Minimal ini meliputi:
No. |
Pelayanan |
Standar Pelayanan Minimal |
|
|
Dasar |
Indikator |
Nilai |
||
|
||||
1. |
Pelayanan |
|
Besaran tenaga kerja yang mendapat pelatihan berbasis |
|
|
Pelatihan Kerja |
kompetensi |
|
|
|
|
|
Besaran tenaga kerja yang mendapat pelatihan Kewirausahaan |
|
|
||||
2. |
Pelayanan |
Penempatan |
Besaran pencari kerja yang terdaftar yang ditempatkan |
|
|
Tenaga Kerja |
|
|
|
3. |
Pelayanan Penyelesaian |
Besaran kasus yang diselesaikan dengan Perjanjian |
|
|
|
Perselisihan |
Hubungan |
Bersama (PB) |
|
|
Industrial |
|
|
|
4. |
Pelayananan |
Besaran pekerja/buruh yang menjadi peserta program |
|
|
|
Kepesertaan Jamsostek |
Jamsostek aktif |
|
|
5. |
Pelayanan Pengawasan |
Besaran pemeriksaan perusahaan |
|
|
|
Ketenagakerjaan |
Besaran pengujian peralatan di perusahaan |
|
Standar Pelayanan Minimal (SPM) diatas dilaksanakan melalui sejumlah kegiatan yang antara lain adalah sebagai berikut:
1. Pelaksanaan pelatihan keterampilan kerja meliputi jenis pelatihan kejuruan mobil bensin, menjahit, elektronika, komputer, las karbit, instalasi penerangan, meubel, peternakan, tata rias,
2. sepeda motor dan processing makanan untuk pencari kerja dan pelatihan peningkatan produktivitas untuk tenaga kerja.
3. Pelaksanaan penempatan pencari kerja lokal, ke luar negeri melalui pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) bekerja sama dengan PJTKI (Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia) dan pengiriman tenaga kerja magang ke Jepang bekerja sama dengan IMM Japan (International Manpower Development of Medium and Small Enterprises Japan) melalui Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI.
4. Pengawasan peraturan hukum ketenagakerjaan dan Jamsostek serta pemeriksaan kesehatan pekerja dan lingkungan kerja.
5. Mediasi dan penyelesaian perselisihan ketenagakerjaan.
6. Pembinaan masyarakat transmigran dan pengembangan sarana dan prasarana di UPT serta pembangunan Kota Terpadu Mandiri.